Friday, March 15, 2019

Tugas Kuliah



MAKALAH ADMINISTRASI PENDIDIKAN
EVALUASI PENDIDIKAN

Makalah Ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
ADMINISTRASI PENDIDIKAN

Dosen Pembimbing : Sandi Saparudin, S.Pd.M,Pd.I





Disusun Oleh Kelompok : 5

1. Adina
2. Ai Nursifa
3. Asep Mulyadi



SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH (STIT)
QURROTA AYUN
Jl. Raya Cikamiri No. 114 Samarang Garut 44161

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita sehingga penyusunan makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Sholawat serta salam senantias kami panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.
Kami ucapkan banyak terimakasih kepada bapak Sandi Saparudin, S.Pd.M,Pd.I  selaku dosen pembimbing, teman-teman, serta pihak-pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Dengan segenap kerendahan hati, saya selaku penulis dari kelompok  menyadari sepenuhnya bahwa pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan dan menerima kritik serta saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan dan penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat.



Garut, 16 Maret 2019



DAFTAR ISI

Halaman Judul ................................................................................................................. 1
Kata Pengantar............................................................................................. 2
Daftar Isi ................................................................................................................... 3       
BAB I    PEMBAHASAN................................................................................................. 4
A.    Latar Belakang....................................................................................... 4
B.     Rumusan Masalah....................................................................................... 5
C.     Tujuan..................................................................................................... 5

BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................. 6
A.    Pengertian Evaluasi................................................................................. 6
B.     Tujuan Evaluasi........................................................................................... 7
C.     Ruang Lingkup Evaluasi.......................................................................... 8
D.    Prinsip-Prinsip Evaluasi................................................................................. 9
E.     Manfaat Evaluasi....................................................................................... 10
BAB III PENUTUP   ................................................................................................ 11
A.    Kesimpulan................................................................................................ 11
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................... 12

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Evaluasi bukan lagi merupakan hal yang asing dalam kehidupan masa sekarang, apalagi dalam dunia pendidikan. Istilah evaluasi mempunyai padanan kata dalam bahasa Indonesia, yaitu penilaian. Salah satu cara untuk memperbaiki proses pendidikan yang paling efektif ialah dengan mengadakan evaluasi tes hasil belajar. Hasil tes itu diolah sedemikian rupa sehingga dari hasil pengolahan itu dapat diketahui komponen-komponen manakah dari proses belajar-mengajar itu yang masih lemah.
Sekarang ini banyak orang yang melakukan kegiatan evaluasi, tetapi tidak mempunyai pemahaman terhadap istilah evaluasi tersebut. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah dalam proses pendidikan pada umumnya, dan proses pembelajaran pada khususnya. Karena aktivitas evaluasi tidak mempunyai syarat evaluasi sebagai suatu konsep pendidikan, dan banyak aktivitas evaluasi yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada.


B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari evaluasi pendidkan?
2.      Apa saja tujuan dari evaluasi?
3.      Bagaimana ruang lingkup dari evaluasi?
4.      Apa saja prinsip-prinsip evaluasi?
5.      Apa saja manfaat mengadakan evaluasi?
6.      Bagaimana langkah-langkah untuk melakukan evaluasi?
C.    Tujuan
1.      Mengetahui pengertian dari evaluasi.
2.      Mengetahui tujuan dari evaluasi.
3.      Mengetahui ruang lingkup dari evaluasi.
4.      Mengetahui prinsip-prinsip evaluasi.
5.      Mengetahui manfaat mengadakan evaluasi.
6.      Mengetahui langkah-langkah evaluasi




BAB II
PEMBAHASAN

A.     Pengertian

Secara harfiah kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation, dalam bahasa Arab Al-Taqdir yang dalam bahasa Indonesia berarti penilaian. Evaluasi pendidikan (educational evaluation = al-taqdir al-Tarbawiy ) diartikan sebagai penilaian dalam (bidang) pendidikanatau penilaian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan.
Adapun dari segi istilah, sebagaimana dikemukakan oleh Edwind Wandt dan Gerald W. Brown (1977)[1] Evaluation refer to the act or process to determining the value of something. Menurut devinisi ini maka evaluasi merujuk kepada atau mengandung pengertian suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.
Educational evaluation is the estimation of the growth and progress of pupils toward objectives or value in the curriculum. (evaluasi pendidikan adalah penaksiran/penilaian terhadap pertumbuhan dan kemajuan murid-murid kearah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan dalam kurikulum).[2]
Evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan, sehingga dapat diketahui mutu atau hasil-hasilnya.
Terdapat 4 istilah yang berhubungan satu sama lain, tetapi pada dasarnya memiliki makna yang berbeda, yaitu tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi.
1.      Tes merupakan alat atau prosedur berupa daftar pertanyaan atau perintah-perintah yang harus dikerjakan yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dengan cara atau aturan yang sudag ditentukan.
2.      Pengukuran (measurement) adalah membandingkan sesuatu dengan atau atas dasar ukuran tertentu. Pengukuran bersifat kuantitatif.
3.      Penilaian (assesment) berarti menilai sesuatu. Yang mengandung arti mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik atau buruk, sehat atau sakit dan sebagainya. Penilaian sifatnya kualitatif.
4.      Evaluasi (evaluation) mencakup tes, pengukuran dan penilaian yaitu untuk menentukan sejauh mana sesuatu itu berharga, bermutu atau bernilai.

B.   Tujuan Evaluasi
Evaluasi dalam bidang pendidikan dapat dilihat dari dua segi, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
1.  Tujuan umum
a.   Untuk mengumpulkan data yang dijadikan bukti mengenai perkembangan         atau kemajuan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
b.   Untuk memungkinkan para guru menilai aktifitas atau pengalaman mengajar yang telah dilaksanakan.
c.  Mengetahui tingkat efektifitas metode-metode pengajaran yang telah dipergunakan dalam proses pembelajaran.
2.  Tujuan khusus
a.    Untuk memotivasi siswa dalam menempuh program pendidikan.
b.   Untuk mencari dan menentukan faktor-faktor penyebab keberhasilan atau kegagalan siswa dalam mengikutu program pendidikan.
c.   Untuk memberikan bimingan yang sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan bakat siswa.
d.  Untuk memperoleh bahan laporan tentang perkembangan siswa yang diperlukan oleh orang tua dan lembaga pendidikan.
e.  Untuk mengetahui mutu proses pembelajaran, baik cara belajar siswa maupun metode yang digunakan guru dalam mengajar.

C.   Ruang Lingkup
Secara umum, ruang kingkup evaluasi pendidikan disekolah mencakup tiga komponen yaitu :
1.  Evaluasi mengenai program pengajaran
Evaluasi program dilakukan untuk menentukan kebijaksanaan selanjutnya, yang dilakukan secara sistematis dan rinci. Evaluasi program pengajaran mencakup tiga hal yaitu:
a.  Evaluasi terhadap tujuan pengajaran.
b.  Evaluasi terhadap isi program pengajaran.
c.  Evaluasi terhadap strategi belajar mengajar.


2.  Evaluasi mengenai proses pelaksanaan pengajaran
a.  Kesesuaian antara proses pembelajaran yang berlamhsung dengan
garis-garis besar program pengajaran yang telah ditentukan.
b.  Kesiapan guru dalam melaksanakan program pengajaran dan kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
c.  Minat dan perhatian siswa dalam mengikutu pelajaran.
d.  Keaktifan atau partisipasi siswa selama proses pembelajaran berlangsung.
e.  Peranan bimbingan dan penyuluhan terhadap siswa yang membutuhkannya.
f. Komunikasi antara guru dengan siswa selama dalam proses pembelajaran berlangsung.
g.  Pemberian dorongan atau motivasi terhadap siswa.
h. Pemberian tugas-tugas kepada siswa dalam rangka penerapan teori-teori yang diperoleh didalam kelas.
i. Upaya menghilangkan dampak negatif yang timbul sebagai akibat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan disekolah.
3.  Evaluasi terhadap hasil belajar
a.  Evaluasi mengenai tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai.
b. Evaluasi mengenai tingkat pencapaian siswa terhadap tujuan-tujuan umum pembelajaran.

D.  Prinsip-Prinsip Evaluasi
Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan guru yang menjadi faktor pendukung atau penunjang dalam melakukan evaluasi.
1.      Prinsip berkesinambungan (continuity)
Bahwa evaluasi hasil belajar yang baik adalah yang dilaksanakan secara terus-menerus (kontinu). Dengan evaluasi hasil belajar yang dilaksanakan secara teratur, terencana dan terjadwal memungkinkan guru untuk memperoleh informasi yang dapat memberikan gambaran mengenai kemajuan dan perkembangan peserta didik dari awal hingga akhir program pembelajaran.
2.      Prinsip menyeluruh (comprehensive)
Evaluasi hasil belajar dapat terlaksana dengan baik apabila evaluasi tersebut dilaksanakan secara utuh dan menyeluruh, mencakup seluruh aspek tingkah laku siswa, baik aspek berpikir (kognitif), aspek nilai atau sikap (afekitf), maupun keterampilan (psikomotor).
3.   Prinsip objektivitas (objktivity)
Suatu evaluasi dikatakan emiliki objektivitas apabila dalam pelaksanaannya tidak ada faktor subjektif yang mempengaruhi.
4.   Prinsip penggunaan kriteria
Penggunaan kriteria yang diperlukan dalam evaluasi adalah pada saat memasuki tingkat pengukuran, baik pengukuran dengan menggunakan standar mutlak (patokan) maupun standar relatif.
5.   Prinsip kegunan
Evaluasi yang dilakukan hendaknya merupakan sesuatu yang bermanfaat, baik bagi siswa maupun bagi pelaksana.

E.  Manfaat Evaluasi
  Dengan diadakannya penilaian, akan memberikan manfaat sebagai berikut:
1.  Siswa dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan mengikuti pelajaran yang diberikan guru.
2.  Guru dapat mengetahui siswa yang sudah memahami dan menguasai pelajaran maupun yang belum memahami pelajaran.
3.  Guru dapat mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah tepat atau belum.
4.  Guru akan mengetahui metode yang digunakan sudah tepat atau belum.
5. Informasi dari guru mengenai tepat tidaknya kurikulum untuk sekolah merupakan bahan pertimbangan perencanaan sekolah yang akan datang.
6.  Informasi dari tahun ke tahun digunakan sebagai pedoman untuk memenuhi standar sekolah. Pemenuhan standar dilihat dari bagusnya angka yang diperoleh siswa.
F.     Langkah-Langkah Evaluasi
1.  Menyusun rencana evaluasi
Penyusunan rencana evaluasi pada umumnya mencakup kegiatan Merumuskan tujuan dari kegiatan evaluasi itu sendiri.
a.  Menentukan aspek-aspek yang akan dievaluasi.
b.  Memilih dan menentukan teknik yang akan digunakan dalam kegiatan evaluasi.
c.  Menyusun dan menentukan alat-alat pengukur yang akan dipergunakan dalam kegiatan evaluasi.
d.  Menentukan tolok ukur, norma atau kreteria yang akan dipergunakan dalam rangka memberikan interpretasi terhadap data hasil evaluasi.
e.  Menetapkan frekuensi dari kegiatan evaluasi itu sendiri, yaitu : kapan dan seberapa kalikah evaluasi itu akan dilakukan.
2.  Menghimpun Data
  Menghimpun data dalam rangka evaluasi di lapangan pendidikan, pada umumnya dilaksanakan dengan cara pengukuran, walaupun tidak semua kegiatan evaluasi pendidikan harus didahului dengan tindakan pengukuran.
3.  Verifikasi Data
 Melakukan verifikasi data artinya memeriksa dan menyaring data yang telah berhasil dihimpun dalam kegiatan evaluasi, untuk dapat dipastikan apakah data yang telah berhasil dihimpun itu cukup dapat dipercaya sebagai dasar atau landasan dalam rangka pengambil kesimpulan.
4.  Analisis Data
  Menganalisa data yang diperoleh dari kegiatan evaluasi mengandung arti melakukan pengolahan, pemeriksaan, perincian, pemisahan, pengelompokan dan sebagainya, sehingga data tersebut menjadi bermakna atau dapat memberikan informasi yang berharga.
5.  Interpretasi Data
  Pemberian interpretasi atau penafsiran terhadap data yang telah dilakukan penganalisaan itu merupakan statement (pernyataan) tentang hasil penganalisaan data. Disini evaluator mengemukakan apa makna yang terkandung dalam kumpulan data yang telah diperoleh dalam kegiatan evaluasi.
6.  Penggunaan Hasil Evaluasi
  Dengan melandaskan diri pada kesimpulan yang telah diperoleh dalam kegiatan evaluasi, evaluator lebih lanjut melakukan pengambilan keputusan atau merumuskan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang dipandang perlu untuk dilaksanakan.
Dengan demikian tindakan melakukan evaluasi itu tidak hanya terbatas sampai pada kesimpulan atau kongklusi saja. Harus diingat bahwa kesimpulan itu barulah merupakan suatu pendapat sebagai hasil evaluasi dan karena itu masih memerlukan tindak lanjut.
BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikann sehingga dapat diketahui mutu atau hasil belajar yang dapat dijadikan sebagai peningkatan kualitas penbelajaran. evaluasi bukan hanya suatu proses untuk mengklasifikasikan keberhasilan atau kegagalan dalam belajar, tetapi juga sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengajaran.


DAFTAR PUSTAKA


Arikunto.Suharsimi,1990,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,Jakarta: Bina Aksara

Purwanto.Ngalim,1994,Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran,Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudaryanto,2014, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia

Sudijono.Anas,1996,Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada


[1] Anas Sudijono,Pengantar Evaluasi Pendidikan,(Jakarta: Raja Grafindo Persada.1996)hlm.1
[2] M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran,(Bandung: Remaja Rosdakarya.1994)hlm.3
[3] Sudaryono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia,2014) hlm.8-9
[4] http://www.perkuliahan.com/langkah-langkah-dalam-evaluasi-pendidikan/


0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blogger templates

GAME

Blogger news