MAKALAH ADMINISTRASI
PENDIDIKAN
EVALUASI PENDIDIKAN
Makalah Ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Dosen Pembimbing : Sandi Saparudin,
S.Pd.M,Pd.I
Disusun Oleh Kelompok
: 5
1. Adina
2. Ai Nursifa
3. Asep Mulyadi
SEKOLAH TINGGI ILMU
TARBIYAH (STIT)
QURROTA AYUN
Jl. Raya Cikamiri No.
114 Samarang Garut 44161
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT
yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita sehingga penyusunan
makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Sholawat serta salam senantias
kami panjatkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW.
Kami ucapkan banyak terimakasih kepada bapak Sandi Saparudin,
S.Pd.M,Pd.I selaku dosen pembimbing, teman-teman, serta pihak-pihak yang telah membantu
dalam penyelesaian makalah ini.
Dengan segenap kerendahan hati, saya selaku penulis dari kelompok menyadari sepenuhnya bahwa pembuatan makalah
ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan dan
menerima kritik serta saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan dan
penyempurnaan makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat.
Garut, 16 Maret 2019
DAFTAR ISI
Halaman
Judul ................................................................................................................. 1
Kata
Pengantar............................................................................................. 2
Daftar
Isi ................................................................................................................... 3
BAB I PEMBAHASAN................................................................................................. 4
A. Latar
Belakang....................................................................................... 4
B. Rumusan
Masalah....................................................................................... 5
C. Tujuan..................................................................................................... 5
BAB II
PEMBAHASAN.................................................................................................. 6
A. Pengertian Evaluasi................................................................................. 6
B. Tujuan Evaluasi........................................................................................... 7
C. Ruang Lingkup Evaluasi.......................................................................... 8
D. Prinsip-Prinsip
Evaluasi................................................................................. 9
E. Manfaat Evaluasi....................................................................................... 10
BAB III
PENUTUP ................................................................................................ 11
A. Kesimpulan................................................................................................ 11
DAFTAR
PUSTAKA................................................................................................... 12
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Evaluasi bukan lagi
merupakan hal yang asing dalam kehidupan masa sekarang, apalagi dalam dunia
pendidikan. Istilah evaluasi mempunyai padanan kata dalam bahasa Indonesia,
yaitu penilaian. Salah satu cara untuk memperbaiki proses pendidikan yang
paling efektif ialah dengan mengadakan evaluasi tes hasil belajar. Hasil tes
itu diolah sedemikian rupa sehingga dari hasil pengolahan itu dapat diketahui
komponen-komponen manakah dari proses belajar-mengajar itu yang masih lemah.
Sekarang ini banyak
orang yang melakukan kegiatan evaluasi, tetapi tidak mempunyai pemahaman
terhadap istilah evaluasi tersebut. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah
dalam proses pendidikan pada umumnya, dan proses pembelajaran pada khususnya.
Karena aktivitas evaluasi tidak mempunyai syarat evaluasi sebagai suatu konsep
pendidikan, dan banyak aktivitas evaluasi yang tidak sesuai dengan
kaidah-kaidah yang ada.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari evaluasi
pendidkan?
2. Apa saja tujuan dari evaluasi?
3. Bagaimana ruang lingkup dari
evaluasi?
4. Apa saja prinsip-prinsip evaluasi?
5. Apa saja manfaat mengadakan evaluasi?
6. Bagaimana langkah-langkah untuk
melakukan evaluasi?
C. Tujuan
1. Mengetahui pengertian dari evaluasi.
2. Mengetahui tujuan dari evaluasi.
3. Mengetahui ruang lingkup dari
evaluasi.
4. Mengetahui prinsip-prinsip evaluasi.
5. Mengetahui manfaat mengadakan
evaluasi.
6. Mengetahui langkah-langkah evaluasi
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Secara harfiah kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation, dalam
bahasa Arab Al-Taqdir yang dalam bahasa Indonesia berarti
penilaian. Evaluasi pendidikan (educational evaluation = al-taqdir
al-Tarbawiy ) diartikan sebagai penilaian dalam (bidang)
pendidikanatau penilaian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan
pendidikan.
Adapun dari segi
istilah, sebagaimana dikemukakan oleh Edwind Wandt dan Gerald W. Brown (1977)[1] Evaluation
refer to the act or process to determining the value of something. Menurut
devinisi ini maka evaluasi merujuk kepada atau mengandung pengertian suatu
tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.
Educational evaluation is the estimation of the growth and progress of
pupils toward objectives or value in the curriculum. (evaluasi pendidikan adalah penaksiran/penilaian terhadap pertumbuhan
dan kemajuan murid-murid kearah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah
ditetapkan dalam kurikulum).[2]
Evaluasi pendidikan adalah kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikan,
sehingga dapat diketahui mutu atau hasil-hasilnya.
Terdapat 4 istilah yang berhubungan satu sama lain, tetapi pada dasarnya
memiliki makna yang berbeda, yaitu tes, pengukuran, penilaian dan evaluasi.
1. Tes merupakan alat atau prosedur
berupa daftar pertanyaan atau perintah-perintah yang harus dikerjakan yang
digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dengan cara atau aturan yang
sudag ditentukan.
2. Pengukuran (measurement) adalah
membandingkan sesuatu dengan atau atas dasar ukuran tertentu. Pengukuran
bersifat kuantitatif.
3. Penilaian (assesment) berarti
menilai sesuatu. Yang mengandung arti mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan
ukuran baik atau buruk, sehat atau sakit dan sebagainya. Penilaian sifatnya
kualitatif.
4. Evaluasi (evaluation) mencakup
tes, pengukuran dan penilaian yaitu untuk menentukan sejauh mana sesuatu itu
berharga, bermutu atau bernilai.
B. Tujuan Evaluasi
Evaluasi dalam bidang pendidikan dapat dilihat dari dua segi, yaitu tujuan
umum dan tujuan khusus.
1. Tujuan umum
a. Untuk mengumpulkan
data yang dijadikan bukti mengenai perkembangan atau
kemajuan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran.
b. Untuk memungkinkan
para guru menilai aktifitas atau pengalaman mengajar yang telah dilaksanakan.
c. Mengetahui tingkat efektifitas
metode-metode pengajaran yang telah dipergunakan dalam proses pembelajaran.
2. Tujuan khusus
a. Untuk memotivasi
siswa dalam menempuh program pendidikan.
b. Untuk mencari dan
menentukan faktor-faktor penyebab keberhasilan atau kegagalan siswa dalam
mengikutu program pendidikan.
c. Untuk memberikan
bimingan yang sesuai dengan kebutuhan, perkembangan dan bakat siswa.
d. Untuk memperoleh bahan
laporan tentang perkembangan siswa yang diperlukan oleh orang tua dan lembaga
pendidikan.
e. Untuk mengetahui mutu
proses pembelajaran, baik cara belajar siswa maupun metode yang digunakan guru
dalam mengajar.
C. Ruang Lingkup
Secara umum, ruang kingkup evaluasi pendidikan
disekolah mencakup tiga komponen yaitu :
1. Evaluasi
mengenai program pengajaran
Evaluasi program dilakukan untuk menentukan
kebijaksanaan selanjutnya, yang dilakukan secara sistematis dan rinci. Evaluasi
program pengajaran mencakup tiga hal yaitu:
a. Evaluasi terhadap tujuan
pengajaran.
b. Evaluasi terhadap isi program
pengajaran.
c. Evaluasi terhadap strategi
belajar mengajar.
2. Evaluasi mengenai proses pelaksanaan
pengajaran
a.
Kesesuaian antara proses pembelajaran yang berlamhsung dengan
garis-garis besar program pengajaran yang telah
ditentukan.
b.
Kesiapan guru dalam melaksanakan program pengajaran dan kesiapan siswa
dalam mengikuti proses pembelajaran.
c. Minat dan perhatian siswa dalam
mengikutu pelajaran.
d. Keaktifan atau partisipasi siswa
selama proses pembelajaran berlangsung.
e. Peranan bimbingan dan penyuluhan
terhadap siswa yang membutuhkannya.
f. Komunikasi antara guru dengan siswa
selama dalam proses pembelajaran berlangsung.
g. Pemberian dorongan atau motivasi
terhadap siswa.
h. Pemberian tugas-tugas kepada siswa
dalam rangka penerapan teori-teori yang diperoleh didalam kelas.
i. Upaya menghilangkan dampak negatif
yang timbul sebagai akibat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan disekolah.
3. Evaluasi terhadap hasil belajar
a.
Evaluasi mengenai tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan-tujuan khusus
yang ingin dicapai.
b. Evaluasi mengenai tingkat pencapaian
siswa terhadap tujuan-tujuan umum pembelajaran.
D. Prinsip-Prinsip Evaluasi
Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan guru yang
menjadi faktor pendukung atau penunjang dalam melakukan evaluasi.
1.
Prinsip berkesinambungan (continuity)
Bahwa evaluasi hasil belajar yang baik adalah yang
dilaksanakan secara terus-menerus (kontinu). Dengan evaluasi hasil belajar yang
dilaksanakan secara teratur, terencana dan terjadwal memungkinkan guru untuk
memperoleh informasi yang dapat memberikan gambaran mengenai kemajuan dan
perkembangan peserta didik dari awal hingga akhir program pembelajaran.
2.
Prinsip menyeluruh (comprehensive)
Evaluasi hasil belajar dapat terlaksana dengan baik
apabila evaluasi tersebut dilaksanakan secara utuh dan menyeluruh, mencakup
seluruh aspek tingkah laku siswa, baik aspek berpikir (kognitif), aspek nilai
atau sikap (afekitf), maupun keterampilan (psikomotor).
3. Prinsip objektivitas (objktivity)
Suatu evaluasi dikatakan emiliki objektivitas apabila
dalam pelaksanaannya tidak ada faktor subjektif yang mempengaruhi.
4. Prinsip penggunaan kriteria
Penggunaan kriteria yang diperlukan dalam evaluasi
adalah pada saat memasuki tingkat pengukuran, baik pengukuran dengan
menggunakan standar mutlak (patokan) maupun standar relatif.
5. Prinsip kegunan
Evaluasi yang dilakukan hendaknya merupakan sesuatu
yang bermanfaat, baik bagi siswa maupun bagi pelaksana.
E. Manfaat Evaluasi
Dengan diadakannya penilaian, akan memberikan
manfaat sebagai berikut:
1.
Siswa dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan mengikuti pelajaran yang
diberikan guru.
2.
Guru dapat mengetahui siswa yang sudah memahami dan menguasai pelajaran
maupun yang belum memahami pelajaran.
3. Guru dapat mengetahui apakah
materi yang diajarkan sudah tepat atau belum.
4. Guru akan mengetahui metode yang digunakan sudah tepat atau
belum.
5. Informasi dari guru mengenai tepat
tidaknya kurikulum untuk sekolah merupakan bahan pertimbangan perencanaan
sekolah yang akan datang.
6.
Informasi dari tahun ke tahun digunakan sebagai pedoman untuk memenuhi
standar sekolah. Pemenuhan standar dilihat dari bagusnya angka yang diperoleh
siswa.
F. Langkah-Langkah Evaluasi
1. Menyusun rencana evaluasi
Penyusunan rencana evaluasi pada umumnya mencakup kegiatan Merumuskan tujuan
dari kegiatan evaluasi itu sendiri.
a. Menentukan aspek-aspek yang akan dievaluasi.
b. Memilih dan menentukan teknik
yang akan digunakan dalam kegiatan evaluasi.
c.
Menyusun dan menentukan alat-alat pengukur yang akan dipergunakan dalam
kegiatan evaluasi.
d.
Menentukan tolok ukur, norma atau kreteria yang akan dipergunakan dalam
rangka memberikan interpretasi terhadap data hasil evaluasi.
e.
Menetapkan frekuensi dari kegiatan evaluasi itu
sendiri, yaitu : kapan dan seberapa kalikah evaluasi itu akan dilakukan.
2. Menghimpun Data
Menghimpun data dalam rangka evaluasi di
lapangan pendidikan, pada umumnya dilaksanakan dengan cara pengukuran, walaupun
tidak semua kegiatan evaluasi pendidikan harus didahului dengan tindakan
pengukuran.
3. Verifikasi Data
Melakukan
verifikasi data artinya memeriksa dan menyaring data yang telah berhasil
dihimpun dalam kegiatan evaluasi, untuk dapat dipastikan apakah data yang telah
berhasil dihimpun itu cukup dapat dipercaya sebagai dasar atau landasan dalam
rangka pengambil kesimpulan.
4. Analisis Data
Menganalisa
data yang diperoleh dari kegiatan evaluasi mengandung arti melakukan
pengolahan, pemeriksaan, perincian, pemisahan, pengelompokan dan sebagainya,
sehingga data tersebut menjadi bermakna atau dapat memberikan informasi yang
berharga.
5. Interpretasi Data
Pemberian
interpretasi atau penafsiran terhadap data yang telah dilakukan penganalisaan
itu merupakan statement (pernyataan) tentang hasil penganalisaan data. Disini
evaluator mengemukakan apa makna yang terkandung dalam kumpulan data yang telah
diperoleh dalam kegiatan evaluasi.
6. Penggunaan Hasil Evaluasi
Dengan
melandaskan diri pada kesimpulan yang telah diperoleh dalam kegiatan evaluasi,
evaluator lebih lanjut melakukan pengambilan keputusan atau merumuskan
kebijaksanaan-kebijaksanaan yang dipandang perlu untuk dilaksanakan.
Dengan demikian tindakan melakukan
evaluasi itu tidak hanya terbatas sampai pada kesimpulan atau kongklusi saja.
Harus diingat bahwa kesimpulan itu barulah merupakan suatu pendapat sebagai
hasil evaluasi dan karena itu masih memerlukan tindak lanjut.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa evaluasi pendidikan adalah
kegiatan atau proses penentuan nilai pendidikann sehingga dapat diketahui mutu
atau hasil belajar yang dapat dijadikan sebagai peningkatan kualitas
penbelajaran. evaluasi bukan hanya suatu proses untuk mengklasifikasikan
keberhasilan atau kegagalan dalam belajar, tetapi juga sangat penting untuk
meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto.Suharsimi,1990,Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan,Jakarta:
Bina Aksara
Purwanto.Ngalim,1994,Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran,Bandung:
Remaja Rosdakarya
Sudaryanto,2014, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta:
Lentera Ilmu Cendekia
Sudijono.Anas,1996,Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta:
Rajagrafindo Persada
http://www.perkuliahan.com/langkah-langkah-dalam-evaluasi-pendidikan/ diakses
pada 20 maret 2016
[1] Anas Sudijono,Pengantar Evaluasi Pendidikan,(Jakarta: Raja
Grafindo Persada.1996)hlm.1
[2] M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran,(Bandung:
Remaja Rosdakarya.1994)hlm.3
[3] Sudaryono, Pengantar Evaluasi Pendidikan (Jakarta:
Lentera Ilmu Cendekia,2014) hlm.8-9
[4] http://www.perkuliahan.com/langkah-langkah-dalam-evaluasi-pendidikan/
0 comments:
Post a Comment